Memulai ngeblog untuk Google AdSense Youtube
Blogging

Memulai ngeblog untuk Google AdSense Youtube

Pertama kali saya ngeblog adalah untuk memasang iklan dari Google Adsense, tapi blog pertama tidak diterima untuk akun GA (Google Adsense), mungkin penyebabnya karena masalah merk dagang alat komunikasi.

Akhirnya saya searching di Google dengan pencarian “Cara mendapatkan Akun Google Adsense”, Akhirnya saya temukan sebuah tulisan yang menginsipirasi saya, dan disini saya tulis ulang kembali dengan Link Sumber saya sertakan juga.

Kaya, terkenal melalui YouTube

Jika boleh internet mungkin harus di masukkan sebagai salah satu dari seven wonder. Dengan jangkauan tanpa batas, internet telah mengubah perilaku, kebiasaan, dan cara orang dalam melakukan bisnis. Internet terutama Google menjadikan bumi menjadi kecil sekaligus sangat luas dalam detik yang hampir sama. Membuat banyak orang kaya baru dan bintang baru, hampir tanpa pernah di perkirakan sebelumnya.

Internet dalam sekala luas tentu tidak hanya Google, namun ada juga twitter, Facebook, dan masih banyak lainnya. Namun bila melihat kepada hasil balik atau pendapatan yang diberikan kepada pengguna internet umumnya. Internet dalam skala luas tentu tidak hanya Google, namun ada juga twiter, Facebook, dan masih banyak lainnya. Namun bila melihat kepada hasil balik atau pendapatan yang di berikan kepada pengguna internet umumnya, Google dan situs yang dimilikinya seperti YouTube memberikan hal lebih baik dibandingkan dengan banyak situs lain seperti Facebook atau Twitter.

Hal yang perlu anda ketahui, hampir semua pendapatan yang akan anda peroleh dari internet, biasanya hanya modal dengkul alias gratisan selain, biaya koneksi internet yang anda gunakan.

Program periklanan seperti Adsense hanya mewajibkan anda memiliki blog, demikian juga dengan YouTube. Anda dipersilahkan membuat akun, membuat channel anda sendiri dan bekerja sama dengan Google untuk meng-generate pendapatan dari aktifitas anda melalui program periklanan yang sudah disediakan.

Contoh bagus bagi anda untuk melihat keberhasilan video blogger adalah Natalie Tran asal Australia. Wanita cantik asal Sydney, Australia ini memiliki Channel sendiri yang ia sebut Community Channel. Channel-nya telah ditonton lebih dari 440 juta orang di YouTube. Profil Natalie Tran telah muncul di Forbes sebagai sebuah keajaiban baru di YouTube.

Tidak itu saja, ada banyak orang yang beroleh sukses karena menjadi video blogger di YouTube. Situs Kompas.com yang mengutip news.com.au melaporkan bahwa makin banyak warga Australia yang memilih pensiun dari kerja dan kemudian menjadi video blogger di YouTube. YouTube telah merekrut puluhan ribu warga Australia menjadi mitra dan mereka mendapat bayaran setiap kali video mereka ditonton orang. Mereka yang terkenal bisa mendapat penghasilan sampai ratusan ribu dolar setiap tahun.

Penghasilan tersebut didapat dari iklan yang muncul sebelum Klip video dan juga iklan-iklan di halaman video tersebut. Walaupun bayarannya hanya 1 sen dolar per klik, namun bila video anda ditonton oleh ratusan ribu hingga jutaan, maka penghasilan anda makin lama makin besar. Coba anda kalikan, video Natalie Tran yang berjudul How to Fake a Six Pack telah ditonton lebih dari 34 juta. Bila dikalikan dengan 1 sen dolar tentu saja jumlahnya sangat besar.

Bila kita lihat dan teliti video yang dibuat oleh Natalie Tran, pada dasarnya video tersebut bukanlah sesuatu yang istimewa sebenarnya. Artinya video tersebut merupakan hal remeh-remeh yang biasa kita lakukan setiap hari, seperti memasak atau lainnya. Namun video tersebut dikenalkan dengan cara ketok tular yang luar biasa sehinga sesuatu yang sebenarnya biasa menjadi luar biasa karena ditonton jutaan orang.

Nah andapun bisa melakukan hal yang sama dengan Natalie Tran dan kemudian menjadi kaya sekaligus terkenal. Namun tentu ada cara yang harus anda ikuti. Pertama adalah konten video haruslah asli milik anda sendiri. Ini artinya anda tidak boleh mendowload video orang lain, lalu mengupload kembali video tersebut Youtube. Aturan ini merupakan aturan yang sangat penting yang akan membatasi jumlah video secara otomatis. Dalam aturan ini YouTube menyuruh anda membuat konten, apapun kontennya, lalu upload ke YouTube.

Konten tentu saja harus yang anda kuasai. Artinya anda punya sebuah usaha tertentu, misalnya bagaimana menghilangkan jerawat hingga tak terlihat lagi padahal anda sebenarnya banyak jerawat. Hal ini pernah dilakukan oleh Cassandra Bankson. Menurut catatan detik.com, wanita yang dikenal sebagai model dengan wajah berjerawat itu kini sukses eksis di acara fashion bergengsi, New York Fashion Week.

Cassandra menjadi terkenal setelah dia memberikan tutorial bagaimana menutupi wajah berjerawat hingga menjadi mulus seketika pada 2010. Melalui YouTube, Cassandra memberitahukan bagaimana dia memoles wajahnya yang banyak jerawat. Video trik make-up tersebut sampai saat ini sudah ditonton lebih dari 11,5 juta kali.

Tidak hanya Natalie Tran dan Cassandra saja yang menjadi kaya dan sekaligus terkenal karena YouTube. Anda pasti mengenal Justin Bieber yang pertama kali ditemukan di YouTube, sekarang sudah menjadi penyanyi dengan sekian juta fans di seluruh dunia.

Di Indonesia pernah ada dua kasus fenomenal yang berawal dari YouTube. Pertama duet Shinta Jojo dan kedua Briptu Norman. Namun ada perbedaan mencolok antara kasus YouTube di Indonesia dengan yang ada di Australia atau Amerika Serikat. Pada dasarnya Shinta Jojo dan Briptu Norman lebih kepada peristiwa kebetulan di mana masyarakat mencari alternatife dibandingkan yang sudah ada. Karena kebetulan dan mereka tidak menyangka akan terkenal hingga membuat panik. Kemudian karena memang pada dasarnya tidak memiliki keahlian, Briptu norman dan Shinta Jojo tersebut cepat ditinggalkan.

Di luar negeri, orang yang sukses di YouTube lebih karena YouTube memberikan jalur alternatif menju kesuksesan. Artinya mereka memiliki keahlian, memiliki perencanaan dan sebuah tim yang mampu merancang kesuksesan melalui YouTube. Meskipun ada unsur kebetulan, namun unsur tersebut kemudian dipadukan dengan keahlian sehingga mereka bisa eksis dalam waktu yang cukup lama.

Jika sudah punya keahlian dan konten anda dapat melakukan kerjasama dengan YouTube. Kesempatanpun dibuka oleh Google/YouTube dengan memberikan bayaran kepada pembuat video di Indonesia. Sebagaimana dicatat viva.co.id, para pembuat konten video Indonesia kini bisa mendapatkan pembayaran dari YouTube Indonesia. Namun ada syaratnya, yaitu harus sudah ada kerja sama dengan YouTube.

Mau mencoba?

Note: Kompas.comviva.co.id dan detik.com berkontribusi dalam artikel ini

SOURCE

Dan kebetulan saya ada akun YouTube yang hampir saya lupakan lebih kurang setengah tahun.

Saya aktifkan  untuk Monetize dan akhirnya diterima oleh GA, dan menampilkan iklan di blog untuk menambah penghasilan saya di akun GA.

Artikel selanjutnya saya akan menulis tentang akun YouTube saya yang diterima oleh Google Adsense.

Terima kasih telah membaca artikel ini…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *